bagi Anda yang sedang belajar trading atau mencari pengalaman live trading tanpa perlu keluar modal uang pribadi, silahkan bergabung dengan broker yang mamberikan bonus gratis tanpa deposit
jumblah modal yang bisa diperoleh pun tak terbatas
caranya cukup mudah hanya dengan bergabung di forum yang di sponsori oleh salah satu broker kemudian kita aktif disana
setiap post yang kita buat akan dibayar $0,25 lumayan lah buat trading tapi perlu diingat bahwa setiap hari kita hanya diperbolehkan membuat 30 post dengan kata lain jika kita bisa membuat 30 post perhari maka kita akan mendapatkan modal sekitar $7/hari
forum ini sebenarnya milik malaysia tetapi disana lebih banyak trader indonesia
tunggu apalagi segera bergabung sekarang karena promo ini akan segera berahir

klik disini untuk mengunjungi forumnya
bagi yang ingin bergabung silahkan klik disini


manfaatkanlah kesempatan ini dengan baik karena kesempatan tidak akan datang untuk kedua kalinya

Menanam Sayur Organik di Rumah

Posted by admiral on Monday, December 17, 2012


Menanam Sayur Organik di Rumah
Pertanian organik ( po ) bukan hanya tehnikatau metode bertani, tetapi juga langkah pandang, sistem nilai, sikap serta kepercayaan hidup. Po memandang alam dengan menyeluruh, komponennya saling bergantung serta menghidupi, di manamanusia juga yaitu sisi didalamnya. Sistem nilai po mendasarkan pada prinsip-prinsip hukum alam. Po juga mengajak petani sertamanusia biasanya untuk arif serta kreatif saat mengelola alam yang tercermin didalam sikap sertakeyakinannya. Po juga tidak menampikpemakaian teknologi moderen didalam praktek budidayanya, sejauh teknologi moderen tersebut sesuai dengan prinsip po, yakni keberlanjutan, penghargaan pada alam, keseimbangan ekosistem, keanekaragaman varietas, kemandirian serta kekhasan lokal. Maka, baik kearifan tradisional sertateknologi moderen yang tunduk pada prinsip alam, keduanya memperoleharea didalam po.

Saya juga tertarik pingin pada po, namun untuk bertanam tidak mempunyai tempat. Alangkah senangnya biladapat mempunyai sebagian type sayur saja di rumah. Lagipula menurut saya asyik, bila di halaman kita ada tumbuhan buncis, tomat. Tentu enggak kalah menarik dari menanam bunga serta anturium. Kebayang senangnya bila memetik sayur dari kebun sendiri. Tempat terbatas di perumahan btn lalu dapat kok. Kita toh bukan hanya akan buka kebun besar-besaran, he he he. Cukup untuk mengonsumsisendiri.

Waktu rumah btn saya di bekasi belum ditempati, om saya jadi pernahmenanami halaman depan rumah yang luasnya hanya 2 x tujuh mtr. Dengan singkong serta jagung.

Pertengahan 2008 takdir membawa saya bersuadengan dua wanita tangguh yang sudahmenekuni di pendidikan lingkungan hidup serta fasilitator pertanian organik. Namanya novita sertaisni. Mereka sarjana pertanian juga: ) catatan saya yang belum prima disini hasil bincang-bincang dengan cewek-cewek petualang nan ramah ini.
Anda juga tertarik menanam sayur organik di pekarangan rumah ? Menurut novi & isni wahyuningsih, ada sebagiantype sayuran yang dapat anda cobalah tanam sendiri di rumah. Berarti tidak rewel sertatak perlu hawa dingin. Tetapi supaya sayur organik anda lebih merasa manis, sehat serta subur, satu perihal butuh anda sempatkan. Yakni waktu serta perhatian anda. Rawatlah dengan penuh cinta, sayang sertakesabaran. Organik itu tidak instan, organik itu mengerti pihak lain, organik itu penuh kasih. Tanaman yang dirawat dengan kasih sayang dapat tidak sama akhirnya dengan tanaman yang dilewatkan tumbuh demikiansaja. Cobalah, yuk ! Pertama, bikin bedengan sebagai ‘rumah’ tanaman kita. Ukuran contohnya satu mtr. Kali sepuluh mtr., tinggi 20 sentimeter. Campur/aduk tanah dengan pupuk kandang sertakompos hingga rata. Beri sekam, ( pupuk & tanah kompos organik dapatdibeli di pedagang tanaman kaki lima/toko pertanian ). Bila kurang unsur n beri air seni ( contoh air kencing kelinci ). Tuturnya, dengan pupuk dari kotoran kambing, rasa tanaman dapat lebih manis.

Type tanaman yang dapat anda cobalah diantaranya :


  1. Buncis : bikin lubang-lubang untuk menyimpan biji buncis. Jarak tanam 20 cm. Siapkan ajir ( bambu ) 1, 5 mtr. Untuk rambatannya. Perbanyakan kacang buncis yaitu dengan benih yang segera di tanam didalam lubang-lubang bedengan. Pada mulanya, tanah digemburkan dulu sembari digabung dengan pupuk kandang atau kompos ( dapat dibeli di penjual tanaman kaki lima paling dekat ). Minggu ke empat sesudah ditanam, buncis mulai berbunga. Selanjutnya setiap meninggi, ingin rajin diikat dengan tali rafia. Untuk bikin benih yang berkwalitas baik, buncis diseleksi serta lantas dilewatkan hingga masak di pohon. Pemeliharaan lain yaitu menjaga tanah terus subur serta supaya buncis tidak dimakan ulat. Janganlah disemprot ya, ambillahhama dengan tangan ( berani enggak, hayo ).
  2. Bayam : ini cobalah saja dengan menanam bayam yang anda beli di pasar. Atau dapat beli bibitnya di toko pertanian. Benih tebar segera.
  3. Tomat ( saat ini telah ada varietas unggul spesial dataran rendah serta tahan penyakit, mencari di toko pertanian paling dekat ). Janganlah lupa beri ajir/lanjaran area merambat. Tunas samping rajin dibuang. Bunga yang sudah mekar diketuk perlahan menyambut sing hari untuk menolong penyerbukan ( bila jarang serangga/kupu ). Kekurangan air serta unsur ca bis amenyebabkan buah busuk. 
  4.  Cabe. Ini juga gampang, tinggal sebar saja tetapi baiknya diberi jarak juga. Suhu terlampau tinggi/curah hujan tinggi bunga & buah rontok. Butuhtanah subur serta drainase yang baik. 
  5. Kacang panjang. Butuh sinar matahari penuh, tanah subur. Tiga minggu sesudah tanam, gunakan ajir pada 2 tanaman. Empaty lanjaran diikat lantas satu dengan tali. Sepanjangperkembangan kerjakan pemotongan pucuk tanaman untuk merangsang tunas baru.


Bila telah panen, kirim-kirim ya !

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment