bagi Anda yang sedang belajar trading atau mencari pengalaman live trading tanpa perlu keluar modal uang pribadi, silahkan bergabung dengan broker yang mamberikan bonus gratis tanpa deposit
jumblah modal yang bisa diperoleh pun tak terbatas
caranya cukup mudah hanya dengan bergabung di forum yang di sponsori oleh salah satu broker kemudian kita aktif disana
setiap post yang kita buat akan dibayar $0,25 lumayan lah buat trading tapi perlu diingat bahwa setiap hari kita hanya diperbolehkan membuat 30 post dengan kata lain jika kita bisa membuat 30 post perhari maka kita akan mendapatkan modal sekitar $7/hari
forum ini sebenarnya milik malaysia tetapi disana lebih banyak trader indonesia
tunggu apalagi segera bergabung sekarang karena promo ini akan segera berahir

klik disini untuk mengunjungi forumnya
bagi yang ingin bergabung silahkan klik disini


manfaatkanlah kesempatan ini dengan baik karena kesempatan tidak akan datang untuk kedua kalinya

Peluang Usaha bisnis Super budidaya ternak kelinci hias

Posted by admiral on Saturday, October 27, 2012

Usaha budidaya ternak kelinci hias
Tak hanya hewan peliharaan, kelinci hias juga dapat jadikan usaha ternak. hobi memelihara binatang lucu ini dapat anda faedahkan sebagai ladang penghasil duit.

apa saja yang butuh disiapkan saat memulai usaha ternak kelinci ? simak langkah tersebut :

persiapan fasilitas serta perlengkapan

buat suhu ideal pada kandang kelinci untuk berkembangbiak yakni 12 derajat celcius serta sirkulasi hawa lancar. pencahayaan idealnya sepanjang 12 jam serta buat kandang dengan wujud yang membuat perlindungan ternak dari predator.

menurut manfaat, kandang kelinci dibagi jadi dua yakni kandang induk, serta kandang jantan. kandang induk untuk kelinci dewasa atau induk serta anak-anaknya. namun spesial untuk pejantan dengan ukuran semakin besar diletakkan pada kandang jantan. pisahkan juga pada jantan serta betina untuk hindari perkawinan awal grup.

kandang berukuran tinggi 200x70x70 cm serta alas 50 cm cukup untuk 12 ekor betina/10 ekor jantan. kandang anak ( kotak beranak ) ukuran 50x30x45 cm.

menurut memiliki bentuk kandang kelinci dibagi jadi :
kandang sistem postal : tanpa halaman pengumbaran, diletakkan didalam ruangan serta pas untuk kelinci muda.
kandang sistem ranch : dilengkapi dengan halaman pengumbaran.
kandang battery : serupa sangkar berderet di mana satu sangkar untuk satu ekor dengan konstruksi flatdech battery ( berjajar ), tier battery ( bertingkat ), pyramidal battery ( susun piramid ).

manfaatkanlah area pakan serta minum yang gampang dibersihkan serta tahan pecah untuk perlengkapan kandang.
pembibitan

tujuan utama anda memelihara kelinci jadi penentu syarat ternak. kelinci anggora, fuzzy lop, rex, hotot, dutch, lyon, himalayan adalah type yang pas untuk tujuan kelinci hias. tengah untuk tujuan daging maka type new zealand albino, australian pylon, bigg sable, giant, australian unggul serta flamish giant adalah kelinci yang pas dipelihara.

1 ) penentuan bibit serta calon induk

pastikan type kelinci yang berbobot badan serta tinggi dengan perdagingan yang baik, apabila peternakan mempunyai tujuan untuk daging. namun apabila tujuan bulu, pastikan bibit-bibit yang mempunyai potensi genetik perkembangan bulu yang baik.
meskipun demikianlah tetaplah anda cermati karakter fertilitas tinggi, tidak gampang nervous, tidak cacat, mata bersih serta terurus, bulu tidak kusam, dan lincah bergerak.

2 ) perawatan bibit serta calon induk

mutu induk yang baik juga ditentukan dari cara menjaga bibit. berikanlah pakan yang cukup, pengaturan serta sanitasi kandang yang baik dan menghindar kandang dari masalah luar.

3 ) sistem pembiakan

karakter spesifik kelinci butuh dipertahankan melewati tiga kelompok pembiakan, supaya keturunannya tambah baik.
a. in breeding ( silang didalam ), untuk menjaga serta menonjolkan karakter spesifik contohnya bulu, pembagian daging.
b. cross breeding ( silang luar ), untuk memperoleh keturunan tambah baik/menambah karakter-sifat unggul.
c. pure line breeding ( silang pada bibit murai ), untuk memperoleh bangsa/jenis baru yang diinginkan mempunyai tampilan yang disebut perpaduan 2 keunggulan bibit.

4 ) reproduksi serta perkawinan

kelinci betina segera dikawinkan saat meraih dewasa pada usia 5 bln. ( betina serta jantan ). apabila terlampau muda kesehatan terganggu serta dan mortalitas anak tinggi. apabila pejantan pertama kali mengawini, baiknya kawinkan dengan betina yang telah dulu beranak.

waktu kawin pagi atau sore hari di kandang pejantan serta biarlah sampai berlangsung 2 kali perkawinan, sesudah itu pejantan dipisahkan.

5 ) sistem kelahiran

30-20 hari yaitu periode kehamilan kelinci sesudah perkawinan. anda dapat mendeteksinya dengan meraba perut kelinci betina 12-14 hari sesudah perkawinan. apabila anda rasakan layaknya ada bola-bola kecil bermakna kelinci tersebut memiliki kandungan anak.

pindahkan ke kandang beranak pada lima hari menyambut kelahiran induk. perihal ini manfaat berikan peluang mempersiapkan penghangat lewat caranya merontokkan bulu. kelahiran kelinci yang kerap berlangsung malam hari dengan keadaan anak lemah, mata tertutup serta tidak berbulu. jumlah anak yang dilahirkan beragam lebih kurang 6-10 ekor.
pemeliharaan

1 ) sanitasi serta tindakan preventif

upayakan area pemeliharaan senantiasa kering supaya penyakit tidak bersarang. kelinci dapat gampang pilek serta terkena penyakit kulit bila tempatnya lembab serta basah.

2 ) pengontrolan penyakit

kenalilah tanda-tanda penyakit pada kelinci layaknya lesu, nafsu makan turun, suhu badan naik serta mata sayu. segera karantinakan serta singkirkan benda pencemar untuk menghindar wabah penyakit menyebar.

3 ) perawatan ternak

penyapihan anak kelinci dikerjakan sesudah usia 7-8 minggu. anak sapihan diletakkan kandang tersendiri dengan isi 2-3 ekor per kandang serta disiapkan pakan yang cukup serta berkwalitas.

kerjakanlah pembelahan menurut kelamin untuk menghindar sistem jadi dewasa yang terlampau awal. pengebirian bisa dikerjakan waktu menyambut dewasa. biasanya dikerjakan pada kelinci jantan membuang testisnya.

4 ) pemberian pakan

makanan kelinci meliputi tumbuhan hijau layaknya rumput lapangan serta rumput gajah. atau sayuran kol, sawi, kangkung, daun kacang, daun turi serta daun kacang panjang. untuk pakan penguat atau biji-bijian anda dapat menentukan jagung, kacang hijau, padi, dedak serta kacang tanah. pakan tambahan lalu dibutuhkan yakni berbentuk konsentrat yang dapat anda beli di toko pakan ternak.

berilah pakan serta minum berbentuk dedak yang digabung sedikit air tiap-tiap pagi hari lebih kurang jam 10. 00. rumput diberikan jam 1 siang dengan jumlah yang sedikit. barulah pada jam 6 sore anda berikan makanan rumput dengan porsi semakin banyak. untuk memenuhi keperluan cairan tubuh kelinci, siapkan saja air minum di kandang. |

5 ) pemeliharaan kandang

untuk hindari munculnya penyakit, bersihkanlah dengan teratur tiap-tiap hari lantai atau alas kandang, area pakan serta minum, sisa pakan serta kotoran kelinci.

upayakan cahaya matahari pagi dapat masuk ke kandang supaya membunuh bibit penyakit. pakai kapur atau ter untuk mengecat dinding kandang. untuk bersihkan kandang bekas kelinci sakit, kreolin atau lysol dapat anda pakai.


kebersihan lingkungan kandang yaitu mutlak untuk pencegahan serta pengendalian penyakit. berilah pakan yang mencukupi gizi serta singkirkan ternak yang sakit sesegera barangkali.

bagaimana menurut anda ? apakah panduan di atas berguna buat anda mengawali usaha ternak kelinci ?
selamat coba !

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment