bagi Anda yang sedang belajar trading atau mencari pengalaman live trading tanpa perlu keluar modal uang pribadi, silahkan bergabung dengan broker yang mamberikan bonus gratis tanpa deposit
jumblah modal yang bisa diperoleh pun tak terbatas
caranya cukup mudah hanya dengan bergabung di forum yang di sponsori oleh salah satu broker kemudian kita aktif disana
setiap post yang kita buat akan dibayar $0,25 lumayan lah buat trading tapi perlu diingat bahwa setiap hari kita hanya diperbolehkan membuat 30 post dengan kata lain jika kita bisa membuat 30 post perhari maka kita akan mendapatkan modal sekitar $7/hari
forum ini sebenarnya milik malaysia tetapi disana lebih banyak trader indonesia
tunggu apalagi segera bergabung sekarang karena promo ini akan segera berahir

klik disini untuk mengunjungi forumnya
bagi yang ingin bergabung silahkan klik disini


manfaatkanlah kesempatan ini dengan baik karena kesempatan tidak akan datang untuk kedua kalinya

Cara ternak bebek

Posted by admiral on Saturday, September 22, 2012

Artikel kali ini saya akan membahas tentang cara ternak bebek sebagai bisnis sampingan ataupun bisnis utama anda. Dalam memulai bisnis ternak bebek ada beberapa hal yang harus anda persiapkan Pola pikir sebagai pebisnis atau peternak dan mental diri yang akan menjadi pondasi diri sebagai pebisnis/peternak.
Usaha ternak bebek ini memang sudah menjadi pilihan untuk dijadikan penghasilan. Banyak masyarakat Indoesia yang memilih usaha ini sebagai penghasilan sampingan atau penghasilan utama yang benar-benar memiliki prospek yang sangat bagus dan penawaran yang sangat menguntungkan bagi peternak bebek ini. Selain itu, bebek tergolong hewan unggas yang tahan terhadap serangan penyakit, tentunya ini akan menjadi kabar baik bagi anda yang ingin menjadi peternak bebek ini. Supaya usaha ini dapat menghasilkan secara optimal, maka anda perlu memperhatikan beberapa hal yang anda ketahui menyangkut Manajemen pemeliharaan ternak bebek ini, antara lain sebagai berikut :
Cara ternak bebek
1. Bibit
    Di Indonesia bibit bebek dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu:
    a. Bebek Tegal.
        Bebek tegal memiliki ciri-ciri : Warna bulu polos sampai cokelat kehitam-hitaman, Warna paruh dan kaki kuning atau hitam.
    b. Bebek Mojosari
        Ciri-cirinya adalah : memiliki warna cokelat muda sampai colekat tua, warna paruh hitam dan kaki berwarna hitam.
    c. Bebek Alabio
        Ciri-ciri : badan lebih besar dibandingkan dengan itik Tegal.
    d. Bebek Asahan : bebek ini banyak didikembangkan di peternakan di Tanjung Balai Sumut.

2. Perkandangan.
    Lokasikan kandang yang jauh dari keramaian atau kalao bisa dekat dengan genangan air guna untuk tempat untuk bermain bebek. Bebek sangat senang bermain-main dan berenang, hal tersebut bisa mengurangi kesetresan pada bebek. Kalau tempat anda jauh dari tempat seperti itu anda bisa buatkan kandang sendiri dengan bahan kandang bisa terbuat dari kerangka kayu atau bambu, dengan atap diberi genteng dan lantai pasir atau kapur.
    Daya tampung kandang disesuaikan dengan umur sebagai berikut:

    Umur 1 hari – 2 minggu 1 -2 m/100ekor.
    Umur 1 – 2 minggu 2 – 4 m/100ekor.
    Umur 2 – 4 minggu 4 – 6 m/100ekor.
    Umur 4 – 6 minggu 6 – 8 m/100ekor.
    Umur 6 – 8 minggu 8 – 10 m/100ekor.
    Dan untuk umur sampai 6 bulan 5 - 10 ekor/m. 

3. Pakan
    Pakan memiliki kontribusi 30% dalam keberhasilan ternak bebek ini. Ada banyak jenis pakan antara lain seperti jagung, dedak padi, bungkil kedelai, bungkil kelapa, dll. Pemberian pakan dapat anda bedakan sesuai umur untuk memenajemen pakan:
    - umur 1-2 minggu 60gr/ekor/hari.
    - Umur 3-4 minggu 80gr/ekor/hari.
    - Umur 5-9 minggu 100gr/ekor/hari.
    - Umur 10 minggu 150-180gr/ekor/hari.

4. Pelaksanaan Pemeliharaan.
    Untuk pelaksanaan pemeliharaan secara intensif Dibedakan menjadi 3 yaitu:
    1. Pemeliharaan yang berpindah pindah dari tempat satu ke tempat yang lain yang ada sumber makanan dengan cara digiring oleh Pemelihara.
    2. Dikandangkan secara terus-menerus seperti Pemeliharaan ayam ras.
    3. Dipelihara di halaman yang Dikelilingi pagar agar bebek tidak keluar.

5. Penyakit
    a. Penyakit Cacing
        Ada berbagai jenis cacing yang menjadi penyebab bebek terserang penyakit cacing.
    Tanda - tanda bebek terkena penyakit ini antara lain : Nafsu makan kurang, bulu kusam, mencret, badan manjadi kurus, dan produksi telur menurun.
    Pencegahan : Perhatian terhadap kebersihan kandang, usahakan kandang selalu kering tidak lembab, makanan dan minuman juga diperhatikan kebersihannya dan lakukan sanitasi kandang.
    b. Penyakit berak kapur.
        Penyebab : Bekteri Salmonella pollorum.
        Gejala : Berak putih lengket seperti pasta.
        Pencegahan : Vaksinasi kandang, Perhatikan kualitas Makanan Minuman, usahakan kandang tetap kering, pisahkan bebek yang sakit agar tidak menular.
    c. Lumpuh.
        Penyebab : Kekurangan vitamin B.
        Gejala : Jalan pincang dam lumpuh, kaki bengkak dibagian persendian, sesekali keluar air mata berlebihan, kaki bengkak dibagian persendian.

6. Pasca panen.

    Ini adalah masa yang ditunggu - tunggu oleh peternak. Bebek memiliki prospek yang sangat bagus, mulai dari daging yang bisa di buat bebek goreng, bebek panggang yang rasanya begitu lezat, bisa juga di buat sebagai rica-rica. Sedangkan telurnya bisa di buat telur asin yang kaya dengan proteinnya yang begitu baik untuk tubuh kita, bisa juga dibuat telur dadar atau telur goreng yang tidak kalah nikmatnya. dan bulunya itu ternyata juga berguna sekali, bisa di buat sebagai kerajinan tangan seperti kipas bulu, sulak dan lain-lain.

Demikian informasi tentang cara ternak bebek yang bisa saya tulis,, lain waktu saya akan lanjutkan lagi artikel - artikel yang bisa jadi referensi untuk usaha ternak anda.. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Amiin..

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment